SEDEKAH BUMI APITAN

  • Jun 15, 2023
  • Fatkur Rohman

Masyarakat Desa Turirejo dan Dukuh Bungkus melaksanakan Pagelaran Wayang Kulit dalam Rangka Sedekah Bumi (Apitan) .Pagelaran ini digelar pada Sabtu,27 Mei 2023 untuk desa turirejo dan Rabu tanggal 7 Juni 2023 Untuk Dukuh Bungkus.Pagelaran ini akan mulai pada pukul 10.00 WIB.Sampai 03.00 (Sehari Semalam) Seperti pagelaran wayang kulit pada umumnya, 

Tradisi apitan adalah ritual adat yang berlangsung secara turun temurun di wilayah Desa Turirejo dan dukuh Bungkus. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai ungkapan syukur bagi para warga masyarakat atas kemurahan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Mahaesa. Dan dengan melaksanakan kegiatan tradisi tersebut para warga berpengharapan bahwa kemakmuran dan keselamatan hidup pada tahun berikutnya akan tetap terjaga. Pelaksanaan kegiatan apitan senantiasa ditandai dengan melaksanakan pagelaran wayang kulit. Istilah apitan nampaknya berasat dari kata apit =gapit atau jepit; dalam hal ini terkait dengan karakteristik wayang kulit yang kehadirannya senantiasa dijepit oleh garan atau tangkai, yang biasanya dibuat dari bambu atau tanduk kerbau. Dengan begitu maka tradisi apitan tersebut diidentikan dengan pagelaran wayang kulit.

Pagelaran wayang kulit mengangkat lakon "Srikandi Dadi Ratu".dan "Lahire Wisanggeni" 

Pagelaran wayang kulit merupakan sebuah kesenian yang dapat dinikmati oleh semua umur. Tidak hanya sebagai sebuah kesenian semata, tetapi juga sebagai suatu hiburan tersendiri dengan berbagai macam cerita yang dipertontonkan melalui setiap wayang kulit yang digunakan.